Thursday, April 20, 2017

Jingga Bukan Hanya Milik Senja (Musim Gugur di Adelaide)



Basineng, aku tahu kau penyuka jingga. Beberapa kali kudapati kau begitu senang menghabiskan waktu di pinggiran pantai memandangi rona bulat yang memendar jingga di ufuk barat. Aku ingin berbagi cerita denganmu tentang keindahan lain dari jingga yang begitu kau kagumi. Tapi bukan pendar oranye di ujung laut dan kaki langit yang ingin kuceritakan kali ini Basineng. Tapi lebih kepada musim gugur di kota Adelaide yang bukan hanya membawa desir angin dengan suhu mendekati belasan, namun juga keindahan  dedaun yang mulai mengering dan jatuh berguguran. Kau bisa melihat diantara banyak dedaun yang berguguran, berbaris puluhan pohon yang memendar jingga dengan daunnya. Memberikan kesan hangat diantara dinginnya suhu dipertengahan musim gugur.

Ini adalah musim gugur pertamaku Basineng, musim gugur yang memberi kesan tenang dan hangat. Ditambah lagi dua minggu semester break menjadikan musim gugur menjadi lebih mengasyikkan. Dua minggu liburan yang cocok untuk menikmati musim semi di Adelaide. Ada beberapa pilihan lokasi Basineng, namun, ada dua pilihan yang menjadi destinasi paling banyak dikunjungi oleh masyarakat disini, Mount Lofty dan Hahndorf. Keduanya menyajikan nuansa hangat yang menjajikan kepuasan mata untuk memandang keindahan pepohonan yang mulai menguning maupun merona oranye.

Mount Lofty berjarak 15 km arah timur Adelaide, bias ditempuh dengan menggunakan Bus ataupun kendaraan pribadi, tapi jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, kusarankan atur waktu sebaik-baiknya karena tempat parkir seringkali menjadi masalah. Atau jika kalian ingin menikmati suasana Mount Lofty tanpa takut tidak mendapatkan tempat parkir, menggunakan bus adalah pilihan yang paling baik. Kita bisa menggunakan bus 864F atau 860F dari City, lalu turun di stop 24A Zone Crafers Park N Ride, lalu jalan sekitar 1 menit ke stop 24 A Zone A Crafers Park N Ride dan melanjutkan perjalanan menuju stop 30B Piccadilly Rd North West Side. Dari sini kita masih perlu berjalan sekitar 1.3 km (+ 19 menit). Perjalanan panjang yang akan terbayar dengan keindahan Mount Lofty.

Hahndorf adalah destinasi yang tidak kalah menariknya dari Mount Lofty. Jika Mount Lofty menyajikan pemandangan asri dari sebuah botanical garden, maka Handorf menyajikan suasana perkampungan masyarakat Eropa tempo dulu yang dikolaborasikan dengan gaya Australia. Hahndorf merupakan Kampung imigran Jerman tertua di Australia yang terletak sejauh 28 km dari Adelaide, dan merupakan salah satu tourism spot yang penting di Adelaide. Untuk sampai ke Hahndorf, kita bisa menggunakan bus 860F, 841F, T840, atau 840X. Untuk durasi perjalanan 60 menit, maka sebaiknya kita menggunalan Bus 860F atau 841F, dan turun di stop 55 Mt Barker Rd-East Side. Sedangkan bus T840 dan 840X akan memakan waktu lebih banyak sekitar 80-100 menit karena kita masih harus turun di bus stop 64 Hutchinson St-West Side, lalu melanjutkan perjalanan ke stop 54A Mt Barker Rd menggunaan Bus 864. Tempat yang mengagumkan selalu dimulai dengan perjalanan yang panjang, Basineng.



Aku harap, setelah membaca kisah ini, kau bisa paham Basineng, bahwa keindahan yang disajikan oleh pendar oranye bukan hanya tentang senja dan lembayungnya, tapi juga dari sisi lain bukit yang dipenuhi oleh dedaun yang mulai mengering. Sampai ketemu lagi dikisah berikutnya Basineng.
Share:
Post a Comment